25 Agustus 2010

Kedutaannya di Jakarta Dilempar Tinja, Menlu Malaysia Meradang

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR - Malaysia mengatakan pada hari Rabu itu sudah kehabisan kesabaran dan mengirimkan surat protes ke Indonesia setelah demonstrasi yang dipicu oleh sengketa maritim berujung pada pelemparan kotoran manusia di kantor kedutaan mereka di Jakarta.

Menteri Luar Negeri Anifah Aman mengatakan dia telah berbicara dengan mitra di Indonesia dan mengirim surat protes atas penahanan tujuh nelayan Malaysia oleh pejabat maritim di perairan Indonesia.

Dia mengatakan termasuk dalam nota itu adalah keberatan terhadap protes di kantor kedutaan Malaysia di Jakarta pada hari Senin dan melaporkan apa yang disebutnya sebagai "ancaman oleh sekelompok nasionalis di sana untuk membersihkan warga Malarsia dari negara itu."

Menurutnya, Idonesia memiliki masalah internal sendiri dan ia menyatakan tak ingin Malaysia menjadi korban. "Mereka meminta pemahaman kita sementara memecahkan masalah mereka secara internal, untuk membantu mereka untuk tidak membuat masalah ini lebih buruk," katanya. "Tapi dalam membantu mereka, kita tidak harus kehilangan ... kita telah berada di titik di mana itu sekarang di luar kesabaran kita '.

Protes terjadi setelah tiga petugas maritim Indonesia ditahan oleh pemerintah Malaysia di perairan sengketa seminggu yang lalu, dan kemudian dibebaskan.

0 komentar:

Posting Komentar